Selasa, 13 November 2012

RENANG GAYA DADA, KELAS 3 SEM 2

Standar Kompetensi :
Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar :
-Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai kebersihan
-Mempraktikkan cara bernapas renang gaya dada dan nilai kebersihan
-Mengkombinasikan gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan


RENANG GAYA DADA

SIKAP TUBUH
Posisi tubuh dalam gaya renang telungkup. Badan diluruskan ke depan. Posisi kaki lebih
rendah dari tangan sehingga tubuh sedikit membentuk sudut dalam air. Pandangan terpusat pada tangan. Badan berada di bawah air kira-kira 10 hingga 15 cm.


Untuk melatih sikap tubuh dapat dilatih dengan meluncur. Bagaimana cara meluncur itu? Pertama, berdirilah membelakangi dinding kolam. Tempelkan salah satu telapak kaki di dinding kolam. Luruskan tangan ke depan, ambillah napas. Kemudian, masukkan kepala ke dalam air. Tolaklah kaki ke depan hingga berhenti. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.





Meluncur dapat dilakukan dari atas pinggir kolam juga. Pertama, berdirilah di tepi kolam. Posisi tangan lurus ke depan. Kedua, condongkan badan ke depan. Ketiga, tolakkan kaki ke depan sejauh mungkin ke dalam air. sahakan yang pertama masuk ke air adalah tangan diikuti kepala dan anggota badan. Pertahankan posisi luncuran sejauh mungkin. Lakukanlah gerakan ini secara
berulang.


Meluncur di atas kolam
Hindari dada yang menyentuh air pertama kali.

GERAKAN LENGAN
Tarikan atau gerakan lengan dimulai dengan menggapai ke depan. Dengan posisi tangan di bawah air. Tekanlah telapak tangan menekan atau menekuk ke luar. Kemudian tekan ke arah bawah. Tekan tangan ke arah belakang hingga di sisi luar siku-siku. Tekuklah kedua siku ke dalam sampai di depan dagu. Luruskan kembali ke depan hingga terjadi gerakan meluncur.



GERAKAN TUNGKAI
Gerakan tungkai terbagi atas tiga gerakan. Pertama, kaki lurus agak rapat menjulur ke belakang. Kedua, kaki atau tumit ditarik ke arah pantat bersamaan. Ketiga, kaki menendang ke samping belakang badan. Kemudian rapatkan, kembali ulangi lagi gerakan pertama dan seterusnya.
Posisi kaki dibuka dengan lutut berada di sebelah dalam dari tumit.



LATIHAN PERNAFASAN DAN KOORDINASI GERAK
Mengambil napas pada gerakan gaya dada dapat dilakukan saat posisi tangan menarik atau menekan ke bawah. Pada waktu menarik tangan, perenang dengan cepat mengambil napas saat kepala naik ke atas permukaan air. Ketika tangan memutar di bawah dagu, kepala dimasukkan ke dalam air. Tangan diluruskan ke depan berbarengan dengan tendangan kaki. Pada saat itu, hembuskan napas di dalam air. Ambillah napas dengan mulut dan keluarkan melalui hidung. Agar pernapasan dapat terkoordinasi dengan baik, rasakanlah luncuran badan ke depan. Lakukan lagi gerakan tangan mengambil napas dan gerakan kaki.




KOORDINASI GERAKAN RENAG GAYA DADA
Pada koordinasi gerakan gaya dada, seluruh latihan gerakan yang telah kamu lakukan digabungkan. Mulai gerak meluncur, gerakan tungkai, gerakan lengan, dan pernapasan kamu lakukan dengan koordinasi yang baik dan benar. Gerakan kaki dan tangan pada gaya dada
dilakukan beriringan.
Berdiri di tepi kolam dan lakukan meluncur seperti pada penjelasan meluncur.
Lakukan gerakan tangan untuk mengambil napas.
Diiringi dengan gerakan kaki.








SUMBER : Buku Sekolah Elektronik
Sindhu Cindar Bumi, dkk. 2010. Senang Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk Kelas 3 Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

4 komentar: