Selasa, 13 November 2012

LOMPAT TINGGI, KELAS 6 SEM 2

Standar Kompetensi :
Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar :
Mempraktikkan pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran


Lompat adalah melambungkan badan dengan cara menolakkan salah satu kaki pada bidang tolakan dan mendarat lagi dengan satu kaki atau kedua kaki. Lompat bermacam-macam. Ada lompat tinggi, lompat jauh, lompat jungkit, dan lompat galah. Pada bab ini kamu akan berlatih lompat tinggi. Tujuan lompat tinggi ialah agar pelompat dapat mencapai lompatan yang setinggi-tingginya.
Ada empat jenis gaya yang dalam lompat tinggi, yaitu gaya gunting (scissors), gaya guling perut (straddle), gaya guling sisi (western roll), dan gaya telentang (flop).
Dalam melakukan lompat tinggi, kamu harus memiliki keberanian, kepercayaan diri bahwa kamu bisa melompati ketinggian tertentu. Kamu tidak boleh ragu dalam melakukannya karena hal tersebut akan membahayakan kamu. Untuk menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri, kamu harus mengerti teknik dasar lompat tinggi dengan benar. Saat berlatih, kamu harus penuh konsentrasi dan tidak bersenda gurau.
Adapun teknik-teknik dasar yang harus kamu kuasai adalah teknik awalan, tolakan, sikap badan di atas mistar, dan sikap mendarat. Dalam bab ini, kamu akan berlatih lompat tinggi gaya straddle.
Lompat tinggi gaya straddle disebut juga lompat tinggi gaya guling adalah salah satu gaya dalam lompat tinggi yang hingga saat ini masih digunakan dalam perlombaan dan diajarkan di sekolah-sekolah.
Teknik-teknik dasar pada gaya ini sama dengan gaya lainnya. Perbedaannya adalah saat melewati mistar yang mengharuskan kaki dibuka lebar hingga sebelum pendaratan. Teknik dasar lompat tinggi gaya straddle adalah sebagai berikut:

1. Awalan
Awalan yang diperlukan untuk lompat tinggi adalah lari yang cepat dan tepat. Tujuannya untuk membantu kekuatan tolakan kaki agar dapat membawa seluruh badan melayang ke atas melalui mistar. Jarak antara awalan ke mistar sekitar 10 - 15 meter atau disesuaikan dengan ketinggian mistar yang akan dilompati.


2. Tumpuan/tolakan
Tolakan dalam lompat tinggi adalah perpindahan gerak dari kecepatan horizontal ke kecepatan vertikal. Jika kamu melakukan tolakan dengan kaki kiri, kamu ayunkan kaki kananmu lurus ke atas untuk dapat melewati mistar. jika kamu melakukan tolakan dengan kaki kanan, kamu ayunkan kaki kirimu lurus ke atas untuk dapat melewati mistar. sikap badan agak menengadah. Langkah terakhir agak lebih lebar.


3. Sikap badan di atas mistar
Ketika melewati mistar, badan segera diputar ke kiri penuh dengan kepala mendahului melewati mistar, perut, dan dada menghadap ke bawah. Kaki tumpuan yang semula bergantung, ditarik dalam sikap kangkang. Pada saat ini kaki kanan sudah turun dan tangan sudah bersiap-siap
membantu mendarat.


4. Mendarat
Jika tempat pendaratannya empuk seperti kasur/matras, setelah melewati mistar, punggung dapat langsung jatuh agar tidak membahayakan bagi pelompat. Tetapi jika tempat pendaratannya tidak empuk seperti bak pasir, pendaratan dilakukan dengan kaki kanan (kaki ayun) dan dibantu oleh kedua tangan. Jika terpaksa badan dijatuhkan maka pundak bagian kanan yang dijatuhkan terlebih dahulu kemudian terus berguling.





Hai teman,
Sekarang saatnya kamu berlatih mempraktikkan lompat tinggi secara sederhana. Caranya: dua orang temanmu memegang tali karet setinggi dada (sekitar satu meter), temanmu yang lain
melompatinya dengan gaya straddle. Jika kamu salah melompat, kamu yang ganti memegang tali karetnya. Paktikkan dengan semangat, sportivitas, kerja sama, percaya diri dan kejujuran. Lakukan secara bergantian! Jangan lupa untuk memperhatikan keselamatanmu saat melompat dengan melakukan gerakan yang benar.

SUMBER : Buku Sekolah Elektronik
Tri Minarsih,dkk. 2010. Asyiknya Berolahraga 6. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar