Selasa, 13 November 2012

SEPAK BOLA, KELAS 5 SEM 2

Standar Kompetensi :
Mempraktikkan   berbagai  variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar :
Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran

Teman, Pernahkah kamu bermain sepak bola? Sepak bola termasuk olahraga beregu yang sangat digemari anak-anak hingga orangtua. Sepak bola merupakan jenis permainan bola besar. Untuk dapat bermain sepak bola dengan baik, kamu harus mengerti dan menguasai gerak dasar bermain bola. Kamu juga harus mengetahui aturan permainannya. Bagaimana gerak dasar bermain sepak bola? Ayo ikuti baim dan teman-teman berlatih gerak dasar bermain sepak bola.


Pemain sepak bola yang baik mengerti dan terampil melakukan tehnik dasar sepak bola. Teknik- teknik dasar ini meliputi menendang, menggiring, mengoper dan menerima bola.

1. Menendang bola (kicking)
Cepat atau lambatnya gerakan bola tergantung kepada keras atau lemahnya tendangan dan jauh dekatnya sasaran yang dituju. Menendang bola ada bermacam-macam, diantaranya adalah:

1.1. Menendang bola dengan kaki bagian dalam
Kaki bagian dalam sering digunakan untuk menendang karena dapat mengarahkan bola dengan
akurat. Kaki kiri ditempatkan di samping bola, lutut agak ditekuk. Kaki kanan yang digunakan untuk menendang diputar ke luar. Kemudian sepaklah bola tepat di bagian
tengahnya.


1.2. Menendang bola dengan punggung kaki
Kaki kiri ditempatkan di samping bola, lutut agak ditekuk. Lutut kaki kanan ditekuk, bola disepak tepat di bagian tengah dengan punggung kaki kanan.


1.3. Menendang bola dengan punggung kaki bagian luar
Sama seperti menyepak dengan punggung kaki, hanya yang digunakan untuk menyepak adalah punggung kaki bagian luar.


Sikap badan dan kaki saat menendang bola, menentukan hasil tendangan. Ada dua macam hasil tendangan yaitu tendangan mendatar dan melambung.

1.4. Tendangan Mendatar
Bola akan bergulir mendatar jika bagian tengahnya ditendang.


1.5 Tendangan Melambung
Bola akan terangkat jika bagian bawahnya ditendang. Hasil tendangannya akan melambung.


2. Menggiring bola
Menggiring bola adalah menendang-nendang bola beberapa saat sebelum mencetak gol dengan
menggunakan kaki. Tujuannya, agar kamu menguasai bola lebih lama dan menunggu saat yang tepat untuk mencetak gol. Cara menggiring bola ada bermacam-macam, diantaranya:

2.1. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
Menggiring bola dengan kaki bagian dalam, terutama digunakan oleh para pemain yang baru belajar karena paling mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan. Para pemain senior menggunakan cara ini, jika akan menggiring bola dengan berbelok-belok ataupun tanpa rintangan.


2.2. Menggiring bola dengan punggung kaki
Menggiring bola dengan punggung kaki, lebih mudah untuk bergerak maju. Biasanya dapat dilakukan dengan cepat, tetapi bola harus dekat dengan punggung kaki.


2.3. Menggiring bola dengan kaki bagian luar
Menggiring bola dapat juga dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar. Tepatnya pada tengahtengah kaki luar bagian pinggir dekat telapak.


3. Mengoper bola
Teknik yang juga harus dikuasa pemain sepak bola adalah mengoper bola. Saat mengoper bola, kamu harus memperhatikan gerakan pemain yang akan diberi operan. Jika yang diberi operan dalam keadaan diam, bola dioper ke arah kaki. Jika yang diberi operan bergerak dalam kecepatan rendah, bola dioper ke sekitar tubuh. Tetapi apabila yang diberi operan bergerak dengan kecepatan tinggi, bola dioper ke arah gerak pemain tersebut.


4. Menerima bola
Menerima bola ada dua cara, yaitu:
4.1. Menerima bola dengan telapak kaki
Kaki tumpu dihadapkan ke arah datangnya bola dan lutut sedikit ditekuk. Pergelangan kaki yang digunakan untuk menghentikan bola ditekuk ke atas sehingga bola dapat berhenti di bawahnya. Badan condong ke depan. Bola dihentikan di samping dengan kaki tumpu.


4.2. Menerima bola dengan kaki bagian dalam
Kaki tumpu dihadapkan ke arah datangnya bola dan lutut ditekuk. Kaki yang digunakan untuk menerima nola, diputar ke luar sehingga kaki bagian dalam menghadap ke arah datangnya bola.
Mula-mula kaki yang digunakan untuk mengontrol bola digerakkan ke depan. Pada saat akan menyentuh bola, kaki ditarik kembali ke belakang. Bola dihentikan di samping kaki tumpu. Yuk ikuti Baim berlatih.


5. Mengontrol/menghentikan bola
Mengontrol bola yaitu menguasai bola yang akan ditendang agar hasil tendangannya sesuai dengan keinginan dan sasaran yang dituju. Penguasaan bola dilakukan dengan menghentikan bola terlebih dahulu, baru ditendang sesuai arah yang dituju. Pada waktu akan menghentikan bola, harus diperhatikan arah datangnya bola. Mengontrol bola dapat dilakukan dengan kaki
bagian dalam, telapak kaki, punggung kaki, kaki bagian luar, paha, dada, perut, dan dahi.

5.1. Mengontrol bola dengan telapak kaki
Bola yang datang ditekan dengan salah satu telapak kaki. Kaki yang lainnya digunakan sebagai kaki tumpu untuk menahan berat badan dan menjaga keseimbangan. Ayo perhatikan Baim berlatih mengontrol bola dengan telapak kaki.


5.2. Mengontrol bola dengan punggung kaki
Bola yang datang dari atas dijemput dengan meluruskan kaki. Pada
saat bola jatuh pada punggung kaki, segera kaki diturunkan dan bola dibawa
ke tanah.



5.3. Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam
Bola yang datang dihentikan dengan salah satu kaki yang diangkat (lemas). Kaki tumpu berada di depan. Kaki yang digunakan untuk menahan bola diletakkan agak ke belakang. Lutut ditekuk, kaki bagian dalam menekanpada bola.


5.4. Mengontrol bola dengan kaki bagian luar
Letakkan kaki tumpu di samping bola dengan lutut agak ditekuk. Pergelangan kaki yang akan
digunakan untuk menendang bola, diputar ke dalam ke arah kaki tumpu. Kemudian, tendangan bola dengan menggunakan kaki bagian luar, tepat di bagian tengahnya.


5.5. Mengontrol bola dengan paha
Bola yang datang dari atas dijemput dengan menggunakan paha yang diangkat ke atas. Pada saat
bola menyentuh paha, segera turunkan paha agar bola dapat dikuasai oleh kaki.


5.6. Mengontrol bola dengan dada
Bola yang datang dari atas disongsong dengan membusungkan dada ke depan ke arah atas. Pada saat bola jatuh di dada segera dada ditarik ke belakang mengikuti arah gerakan bola. Setelah bola turun ke tanah segera dikuasai dengan kaki agar tida direbut lawan.


5.7. Mengontrol bola dengan perut
Menghentikan bola dengan perut biasanya dipergunakan jika ada bola yang datang lurus setinggi perut atau bola yang memantul dari tanah. Bola yang datang ditahan dengan perut, segera perut ditarik ke dalam mengikuti gerakan bola agar bola dapat segera dikuasai oleh kaki


5.8. Mengontrol bola dengan dahi
Bola yang datang, disongsong menggunakan dahi. Pada saat bola jatuh pada dahi, segera badan dan dahi ditarik ke bawah mengikuti gerakan arah bola agar bola dapat segera dikuasai oleh kaki.


6. Latihan menembak bola ke gawang.
Tercipta atau tidaknya sebuah gol tergantung pada tendangan yang keras dan sasaran yang tepat.
Menendang dengan punggung kaki atau dengan ujung sepatu menghasilkan tendangan yang keras.


Aturan Permainan
Sepak bola dimainkan oleh dua regu yang masing-masing berjumlah 11 pemain dan 3 orang pemain cadangan. Itulah sebabnya mengapa regu pemain sepak bola sering disebut kesebelasan. Masing-masing pemain dalam setiap regu berusaha untuk dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke dalam gawang lawan dan mencegah pihak lawan memasukkan bola ke dalam gawangnya. Pemain diperbolehkan memainkan bola di seluruh anggota badannya, kecuali tangan dan lengan. Penjaga gawang diperbolehkan memegang bola dengan tangan, di daerah gawangnya sendiri.

2.1. Ukuran lapangan
Apakah kamu sudah mengetahui ukuran lapangan sepak bola dan perlengkapannya? Ayo perhatikan ukuran lapangannya!
• panjang lapangan : 100-110 m,
• lebar lapangan : 64 – 75 m,
• jari-jari lingkaran tengah : 9,15 m,
• luas daerah gawang : 18,35 x 5,5 m,
• luas daerah tendangan hukuman : 40,42 x 16,5 m,
• jarak titik tendangan penalti dari tiang gawang : 11 m,
• tinggi gawang : 2, 44 m,
• lebar gawang : 7, 32 m,
• diameter tiang dan palang gawang : 12 m.


2.2. Bola
• bahan bola : kulit atau bahan sejenisnya,
• bentuk bola : bulat,
• berat bola : 396-453 gram,
• keliling lingkaran bola : 68 – 71 cm.


2.3. Lama permainan
Permainan sepak bola dibagi menjadi dua babak. Setiap babak berdurasi 45 menit dan istirahat 5 menit. Pada permainan sepak bola sederhana, waktu permainan bisa 2 x 25 menit.

2.4. Cara memperoleh nilai
Tujuan akhir dari suatu permainan sepak bola adalah membuat gol sebanyak-banyaknya,
Suatu gol tercetak jika bola masuk ke dalam gawang melewati garis gawang, di antara tiang gawang dan palang gawang.
Permainan sepak bola dilakukan dengan peraturan permainan sederhana. Caranya sebagai berikut:
o bagilah temanmu menjadi dua regu yang sama banyaknya, yaitu regu A dan regu B,
o seorang siswa menjadi wasit, dua orang lainnya menjadi pengawas garis untuk mengawasi bola yang ke luar garis,
o lama permainan disesuaikan dengan jam pelajaran pendidikan jasmani, yaitu 2 x 25 menit,
o waktu bermain tidak diboleh menendang teman, menjatuhkan teman, melompati teman, memukul teman, mendorong teman, dan memainkan bola dengan tangan,
o apabila bola ke luar lapangan melewati garis samping (out), bola dilempar dengan kedua belah tangan dari belakang melewati atas kepala. Pelemparan ini dilakukan oleh pemain yang berhak,
o jika bola ke luar garis belakang gawang, terjadi tendangan sudut.

SUMBER : Buku Sekolah Elektronik
Tri Minarsih,dkk. 2010. Asyiknya Berolahraga 5. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar